Selasa, 03 Juli 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


NAMA SEKOLAH               : SMK Raden Umar Said Kudus   
MATA PELAJARAN             : Bahasa Indonesia     
KELAS PROGRAM              : XII/5 & 6
SEMESTER                           : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Unggul
ALOKASI WAKTU              : 3
PERTEMUAN                       : 40 x 45 Menit


I. Standar Kompetensi
      -     Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Unggul
II. Kompetensi Dasar
-          Menulis laporan ilmiah sederhana
III. Indikator
-          Merumuskan judul sebagai topik bahsan
-          Menyusun sistematika laporan
-          Merencanakan rancangan isi laporan
-          Menyusun isi laporan
IV. Tujuan
-          Siswa mampu merumuskan judul sebagai topik bahsan
-          Siswa mampu menyusun sistematika laporan
-          Siswa mampu merencanakan rancangan isi laporan
-          Siswa mampu menyusun isi laporan
V. Materi Pokok
- Pengertian menulis laporan ilmiah
- Sistematika penulisan laporan ilmiah
- Langkah-langkah menulis laporan
- Teknik penulisan daftar pustaka
- Teknik pengutipan
- Teknik penulisan catatan kaki
- Teknik penulisan istilah
- Format penulisan : Halaman, judul, penulisan tujuk/judul bab/anak judul, penomoran
- Fisik laporan : Jenis kertas, ukuran kertas dsb
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal
- Mengkondisikan kelas, berdoa, mengabsen serta mengarahkan siswa dalam situasi belajar
- Memotivasi siswa dengan pertanyaan-pertanyaan singkat
2. Kegiatan Inti
(a) Eksplorasi
-        Guru menjelaskan pengertian karya ilmiah kepada siswa
(b) Elaborasi
- Siswa menganalisis contoh laporan ilmiah, mengidentifikasi format dan konteks laporan ilmiah yang telah dianalisis
- Siswa merencanakan tulisan laporan ilmiah sesuai dengan kegiatan yang telah dilakukan                ( misalnya hasil kegiatan praktik kerja Industri/lapangan )
(c) Konfirmasi
- Siswa dapat menyusun kerangka laporan sesuai dengan ketentuan-ketentuan tatacara menyusun   laporan ilmiah
- Menulis laporan ilmiah sederhana secara lengkap dan sesuai dengan kerangka yang telah ditetapkan
(d) Penutup / Refleksi
- Membahas materi yang sudah disampaikan dan membuat kesimpulan
- Memberi Tugas/PR
- Refleksi : Bertanya kepada siswa, bagaimana sikap Guru pada waktu menhgajkar
VII. Media dan sumber belajar
-          Sumber/metode dan teknik
-          Sumber/bahan, buku KBBI, buku sumber, buku penunjang ilmiah dan modul Bahasa Indonesia tingkat unggul
VIII. Metode dan teknik
-          Metode : Latihan dan Penugasan
-          Teknik : Tanya Jawab
IX. Penilaian dan tindak lanjut
      Penilaian
-          Jenis tagihan                :                -       Lisan, tulisan
-          Bentuk tagihan            :                 -      Tugas individu
-              Performasi
-              Format
-              Uraian Bebas
-          Tuntas dan tidak tuntas
Instrumen Tagihan
Kegiatan Individu
A. Mengungkapkan kembali pengertian menulis laporan ilmiah
- Mengungkapkan kembali langkah-langkah, teknik, pengutipan, teknik penulisan,  format penulisan
- Laporkanlah pokok-pokok laporan ilmiah sederhana secara lengkap dan sesuai dengan kerangka yang telah ditetapkan
B. Menanggapi isi laporan ilmiah
- Ajukan pertanyaan yang berkenaan menyusun kerangka laporan tersebut kepada temanmu/Guru dengan menumbuhkan format penulisan
       Tindak lanjut
-          Tuntas dan Tidak tuntas
-          Siswa yang tidak tuntas diberikan remedial penugasan.

BALEENDAH,   JULI 2012
GURU MP




ADE SANTOSA
NIM. 41032121101087

Tidak ada komentar:

Posting Komentar